Beroperasi Mulai Juli 2018, LRT Sumatera Selatan Siap Digunakan ... | Liputan 24 Sumatera Selatan
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Beroperasi Mulai Juli 2018, LRT Sumatera Selatan Siap Digunakan ...

Posted by On 6:44 AM

Beroperasi Mulai Juli 2018, LRT Sumatera Selatan Siap Digunakan ...

Beroperasi Mulai Juli 2018, LRT Sumatera Selatan Siap Digunakan Saat Asian Games 2018

Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) mulai diuji coba dari Stasiun Jakabaring menuju Palembang Icon.

Beroperasi Mulai Juli 2018, LRT Sumatera Selatan Siap Digunakan Saat Asian Games 2018SRIPOKU.COM/ABDUL HAFIZLintasan LRT yang melingkar di bundaran depan gerbang Jakabaring Sport City Palembang.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) mulai diuji coba dari Stasiun Jakabaring menuju Palembang Icon.

Direktur Jenderal Perkeretaapi an Kementerian Perhubungan, Zulfikri, menuturkan dengan uji coba tersebut pemerintah optimis LRT Sumsel bisa beroperasi sesuai target yaitu pada Juli 2018 dan bisa digunakan saat perhelatan Asian Games 2018.

Baca: Kenapa Kecelakaan Kapal Terus Berulang? Apa Sebenarnya Akar Masalahnya?

"Kemenhub optimis LRT Sumsel akan selesai dan dioperasikan Juli 2018 mendatang," kata Zulfikri, dalam keterangan resminya, Senin (25/6/2018).

Secara keseluruhan LRT Sumsel berupa konstruksi layang (elevated track), dengan dilengkapi third rail untuk power supply serta menggunakan teknologi slab track (tanpa ballast) pada jalur rel serta menggunakan system persinyalan fixed Block.

Baca: Kreatif, Bekas Tambang Batu di Gunung Tampomas Banjarnegara Disulap Jadi Objek Wisata Menarik

Lebih lanjut Zulfikri menjelaskan pembangunan LRT Sumsel memiliki karakteristik yang berbeda dengan LRT Jabodebek misalnya pada U-shaped Girder, LRT Jakarta menggunakan Box Girder, sedangkan LRT Sumsel menggunakan I Girder.

Lebar spoor LRT Sumsel pun sebesar 1067 mm sedangkan LRT Jabodebek dan LRT Jakarta lebar spoornya adalah 1435 mm.

Baca: Perludem Minta KPU Segera Umumkan Laporan Akhir Dana Kampanye Pasangan Calon Kepala Daerah

Dengan variasi tersebut, biaya yang digunakan berbeda.

Namun biaya konstruksi LRT Sumsel dengan total Rp 10,9 triliun dan total panjang 23 km diyakini telah sesuai dengan harga pasar.

Besaran anggaran tersebut juga disebutkan lebih kecil dibandingkan dengan LRT Kelana Jaya Line Malaysia, sebesar Rp 817 miliar per km sedangkan untuk biaya pembangunan LRT di Manila sebesar Rp 907 miliar per km.

Baca: Charlie Puth Gelar Konser Di Indonesia, Ini Harga Tiketnya

"Anggaran pemerintah yang digunakan dalam pembangunan LRT Sumsel ini telah diproses secara akuntabel, direview oleh konsultan independen yang berkualifikasi inter nasional, audit internal maupun audit eksternal oleh instansi terkait agar sesuai dengan prinsip Good Coorporate Governance," ungkap Zulfikri.

LRT Sumsel juga akan dilengkapi dengan 13 stasiun, 1 depo dan 9 gardu listrik dengan menggunakan lebar jalur rel 1067 mm dan third rail electricity 750 VDC.

LRT Sumsel dibangun berdasarkan Perpres Nomor 116 Tahun 2015 dan Perpres 55 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 116 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit di Provinsi Sumatera Selatan.

Penulis: Apfia Tioconny Billy Editor: Adi Suhendi Ikuti kami di Salah Pesan Taksi Online, Wanita Diperkosa dan Dibunuh, Mayatnya Disimpan dalam Freezer Sumber: Berita Sumatera Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »