Menawan, 5 Air Terjun nan Instragamable di Sumatera Selatan | Liputan 24 Sumatera Selatan
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menawan, 5 Air Terjun nan Instragamable di Sumatera Selatan

Posted by On 8:17 AM

Menawan, 5 Air Terjun nan Instragamable di Sumatera Selatan

PESONA Sumatera Selatan tak hanya Kota Palembang dan Sungai Musi. Banyak destinasi cantik lainnya yang sayang sekali untuk dilewatkan. Daya tarik keindahan alam Sumatera Selatan wajib kamu sambangi dan abadikan lewat jepretan kamera.

Salah satu wisata alam yang harus kamu datangi saat berkunjung ke Sumatera Selatan ialah air terjun. Beberapa kabupaten di Sumsel punya air terjun, yang dalam bahasa setempat disebut curup, yang enggak kalah menawan dari Niagara Falls di Amerika Serikat sana. Kabupaten Lahat, Pagaralam, dan Lubuk Linggau menyimpan pesona air terjun yang teramat menawan. Berikut 5 air terjun cantik yang Instagramable di Sumatera Selatan.


1. Air Terjun Temam

curup temam
Curup Temam punya celah ba tu melengkung. (foto: Instagram @yoze_wenz)

Terkenal dengan sebutan 'Niagara Mini', air terjun yang terletak di Kabupaten Lubuk Linggau ini menawarkan keindahan curahan air dan lingkungan yang asri. Pemandangan menawan Curup Temam akan membayar lunas jauhnya perjalanan yang harus kamu tempuh untuk mencapainya.

Air Terjun Temam bisa dicapai dengan 6,5 jam perjalanan dari pusat Kota Palembang. Namun, jangan keburu berkecil hati, begitu sampai di tujuan, kamu akan disuguhi pemandangan air terjun setinggi 12 meter dengan lebar mencapai 25 meter.

Selain indah layaknya Niagara Falls, Curup Temam juga punya celah batu yang melengkung di bawah air terjun. Celah tersebut biasanya dimanfaatkan pengunjung untuk duduk-duduk sambil menikmati suasana jatuhnya air.


2. Curup Embun

curup embun
Di Curup Embun, air yang meluncur berubah jadi embun. (foto: Instagram @rizkiananda_tours)

Dengan diapit dua dataran tinggi, yakni Bukit Barisan dan Gunung Dempo, membuat Kabupaten Pagaralam kaya akan air terjun. Salah satu curup yang unik di wilayah ini ialah Curup Embun. Air terjun indah tersebut berada di Desa Pematang Bango, di kaki Gunung Dempo, Pagaralam.

Untuk mencapai lokasi dari Kota Palembang, butuh waktu sekitar 8 jam perjalanan darat melewati Kabupaten Prabumulih dan Lahat. Namun, kamu bisa juga mencoba penerbangan lokal yang melayani rute Palembang-Pagaralam. Dengan penerbangan, jarak tersebut bisa dicapai dalam waktu tidak lebih dari setengah jam.

Sementara itu, dari pusat Kota Pagaralam menuju ke Curug Embun hanya menempuh jarak sekitar 2 km atau menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Biarpun cukup jauh, perjalanan akan jadi amat menyenangkan. Kamu akan membelah hutan dan kebun kopi warga melalui akses jal an yang sudah bagus.

Mengikuti kontur dataran tinggi Pagaralam, air Curup Embun meluncur dari ketinggian 100 meter, tapi volume airnya tidak terlalu besar. Tinggi pancur dengan volume air yang kecil menjadi karakter unik curug ini. Air yang tertumpah dari ketinggian akan berubah menjadi seperti embun ketika sampai di bawah. Itulah mengapa air terjun ini dinamai Curup Embun.


3. Air Terjun Maung

curup maung
Air Terjun Maung dengan batu berlumut hijau indah. (foto: Instagram @echi.anggraini)

Air Terjun Maung merupakan satu dari 76 curup yang ada di Kota Lahat. Terletak di Desa Rinduhati, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, air terjun ini bisa ditempuh dengan jarak 25 kilometer dari pusat Kota Lahat atau 220 kilometer dari pusat Kota Palembang. Meskipun jarak tempuh jauh, pemandangan curup ini akan membuat kamu terkagum.

Dengan tinggi sekitar 80 meter dan lebar yang hampir sama, Curup Maung menyajikan keeksotisan bebatuan berlumut yang terlihat menyembul dari balik tirai air terjun. Bagian bawah air terjun ini sering dijadikan tempat mandi atau berenang oleh para wisatawan yang berkunjung. Tempat pemandiannya pun sangat luas mengalir ke Sungai Lematang yang terlihat jernih dan menyegarkan tubuh.


4. Curup Buluh

curup buluh
Curup Buluh, air terjun bertingkat di Kabupaten Lahat. (foto: Instagram @pramadya_anantaka)

Kota Lahat punya 76 air terjun. Selain Curup Maung yang ternama, ada juga Curup Buluh yang terletak di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, sekitar 36 kilometer atau 1 jam perjalanan ke arah barat daya pu sat kota Lahat. Nama Curup Buluh amat mungkin disematkan karena di sekitar air terjun terlihar banyak buluh atau bambu.

Untuk mencapai lookasi air terjun, kamu harus melalui trek menuruni bukit yang gembur. Jangan takut terpeleset, masyarakat sekitar air terjun telah membuatkan sebuah tangga sederhana dari kayu sebagai pegangan agar tak mudah tergelincir. Oleh karena itu, anak-anak dan manula tidak disarankan mengunjungi curup ini.

Di ujung tangga, curahan air Curup Buluh menanti. Air tak langsung jatuh, tapi terlebih dahulu pecah oleh bebatuan yang bertumpuk di bawah aliran airnya. Hal itu membuat air terjun ini terlihat seperti bertingkat.


5. Curup Bedegung

curup bedegung
Curup Bedegung jadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. (foto: Instagram @iyanoctavian)

Kabupaten Muara Enim juga menyimpan panorama wisata air terjun yang tak kalah cantik. Salah satu air terjun yang terkenal di wilayah Muara Enim ialah Curup Bedegung. Air terjun ini merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 99 meter.

Untuk mencapai lokasi ini dari Kota Palembang, kamu hanya membutuhkan waktu 2 jam dengan jarak sekitar 177. Lokasi Curup Bedegung cukup jauh dari keramaian karena letaknya berada di perbatasan Muara Enim-Baturaja. Sesampainya di lokasi, kamu masih harus berjalan kaki melewati rangkaian jalan setapak, tangga batu, dan sebuah jembatan besi. Jadi pastikan kamu pakai sepatu hiking yang nyaman saat melancong ke curup ini ya.

Menawan semua kan? Ayo, arahkan tujuan traveling kamu selanjutkan ke Sumatera Selatan.(dwi)

Sumber: Berita Sumatera Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »