Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanya | Liputan 24 Sumatera Selatan
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanya

Posted by On 3:21 AM

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanya

  1. Travel
  2. Destination
Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanya #PANJATPOIN Tidak kalah menarik dengan kota besar lainnya Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/mutiarails Riyan Sumarno Community Writer Riyan Sumarno

Nama Kota Pagar Alam mungkin masih asing kamu dengar. Namun kamu bakal menemukan banyak kejutan jika berlibur ke sini. Kota yang terletak di Sumatera Selatan ini juga dikenal dengan sebutan Kota Seribu Air Terjun. Bisa dikatakan, kota ini masih 'perawan' dengan tempat wisatanya yang masih asri. Berikut adalah delapan rekomendasi wisata jika bertandang ke Kota Pagar Alam.

1. Danau Gheban atau Tebat Gheban

Pernah Dengar Kot   a Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/wonderfulsriwijaya

Tebat Gheban adalah danau alami yang memiliki luas sekitar tiga hektar dan 12 meter untuk kedalamannya. "Tebat" sendiri jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia artinya adalah danau. Lokasinya ada di Desa Alun Dua, Sub-Distrik Pagar Alam Utara dan bisa ditempuh sekitar 15 menit dari Kota Pagar Alam.

Danau ini memiliki keindahan alam eksotis yang luar biasa, karena diapit oleh barisan bukit dan Gunung Dempo yang membuat tempat ini sangat menawan. Yang hobi memancing, melakukan hal itu sangat bisa di sini. Di samping itu, setiap sore juga ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh penambang udang.

2. Dempo Park

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/zetrinopriyanti

Bisa ditempuh sekitar delapan kilometer dari Pusat Kota Pagar Alam, keberad aan tepatnya ada di Kelurahan Dempo Makmur, Sub-Distrik Pagar Alam Utara. Tempat wisata alternatif ini buka 24 jam setiap harinya. Meskipun begitu, waktu yang paling ramai adalah sore hari mulai pukul 15.00 WIB sampai menjelang maghrib.

Kehadiran Taman Dempo ini menambah keindahan Kota Pagar Alam. Dengan latar belakang Gunung Dempo, yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke sini. Di sini, udara pegunungannya sangat menyejukan dan banyak taman bermain anak-anak serta tempat-tempat instagramable.

3. Green Paradise

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/azamdwi

Green Paradise adalah sungai buatan dengan air yang sangat jernih dari mata air alami. Di sekitar area ini pengunjung dapat menikmati keindahan pesona alamnya. Selain keindahan alamnya, pengunjung juga dapat menikmati berbagai kegiatan seperti berenan g, memancing, memanen sayuran, menunggang kuda dan berbagai kegiatan rekreasi lainnya.

Tempat wisata yang satu ini, kini menjadi tempat wisata idola bagi masyarakat. Objek wisata lokal ini terletak di Dusun Sukarame, Kelurahan Bumi Agung, Sub-Distrik Dempo Utara, Kota Pagar Alam. Untuk sampai ke lokasi, dari pusat Kota Pagar Alam hanya perlu menempuh perjalanan lebih-kurang 7 km.

Untuk sekarang harga tiket masuk ke Green Paradise sebesar 2.500 rupiah kategori anak-anak dan 5.000 rupiah untuk kategori dewasa. Harga tersebut cukup murah untuk semua kalangan.

4. Perkebunan teh di kaki Gunung Dempo

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/eliyaarisca12

Gunung Dempo adalah puncak tertinggi di wilayah Sumatera Selatan. Gunung ini terletak di distrik Pagar Alam yang dari Pusat Kota Palembang berjarak sekitar 300 kilomete r. Keindahan yang ditawarkan adalah panorama alamnya yang indah. Dan salah satu hal yang sangat menyegarkan untuk dilihat oleh mata adalah hijaunya pemandangan sekitar.

Mengapa begitu? Karena di sini ada ladang petani berupa perkebunan teh hijau. Hal itu, menyebabkan banyak orang tertarik untuk datang ke sini dan menikmati suasana perkebunan teh di kaki Gunung Dempo. Dari kejauhan, tampak bahwa kebun teh hijau kadang-kadang ditutupi dengan kabut yang menambah pemandangan alam semakin dinamis dan menarik.

Berfoto di tikungan jalan sekitar perkebunan teh juga sangat instagramable. Tentu dengan begitu, perkebunan teh di kaki Gunung Dempo sekarang menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di kota yang 'perawan' ini.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editors’ picks

  • 7 Tempat Wisata Cantik di Kobe yang Harus Kalian Datangi
  • 5 Tempat Rekomendasi Berburu Oleh-oleh di Jakarta, Lengkap Banget!
  • 9 Tips supaya Liburan Tetap Nyaman Meski Sedang Datang Bulan

Baca Juga: 5 Fakta Unik Pempek, Kuliner Lokal Idola Bangsa dari Sumatera Selatan

5. Puncak Gunung Dempo

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/fidela_aribah

Gunung Dempo adalah satu-satunya gunung berapi dengan puncak tertinggi di Sumatera Selatan. Gunung ini memiliki ketinggian 3.159 meter di atas permukaan laut. Gunung Dempo terletak persis di perbatasan antara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Distrik Pagar Alam atau ditempuh kurang lebih tujuh jam dari Kota Palembang.

Dengan keistimewaan dari gunung ini yang telah diakui oleh Pemerintah Nasional, Gunung Dempo pernah dijadikan sebagai lokasi pertandinga n Cabor Paralayang pada PON ke 16 di tahun 2004.

6. Situs Megalitikum, Pagar Alam

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyatopindonesiaholidays.com

Situs Megalitikum ini terletak di Desa Tanjung Aro dan Desa Tegur Wangi Lama. Menurut sumber terpercaya yang tersebar, situs ini telah didaftarkan ke UNESCO pada tahun 2012 sebagai kandidat Situs Warisan Budaya. Di sini banyak ditemukan situs megalitikum bersejarah seperti Arca / Patung Suku Besemah, Dolmen, Menhir, Rumah Batu sampai Kuburan Batu.

Tegur Wangi Lama adalah situs megalitik terbesar yang terdiri dari sejumlah batu kubus, dolmen dan patung batu. Peninggalan-peninggalan megalitik yang ditemukan di ladang sayuran telah dilindungi dan dirawat oleh para juru rawat di bawah koordinasi BP3 (Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala) Jambi.

7. Tangga 2001

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/abdulhalimzhr

Meski dinamai dengan adanya embel-embel ribuan, nyatanya jumlah anak tangga di sini hanya sampai ratusan. Tangga ini dibangun sebagai objek wisata sekaligus tempat untuk refleksologi kaki, karena terbuat dari beton dan kerikil. Sebelumnya pada PON ke 16 di tahun 2004 juga pernah dijadikan sebagai venue paralayang.

Area tempat wisata ini berada di Gunung Gare, Desa Dempo Makmur, Distrik Pagar Alam, sekitar 10 menit berkendara atau kurang lebih lima kilometer dari Kota Pagar Alam. Berada di komplek perkantoran Pemerintah Regional Kota Pagar Alam, keindahan dari Tangga 2001 ini bisa dinikmati oleh semua orang.

Keindahan di sini tentunya semakin lengkap, karena wisatawan dapat menikmati panorama Gunung Dempo sembari mendaki Tangga 2001 yang masyarakat lebih sering menyebutnya dengan Tangga S eribu.

8. Tugu Rimau

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanyainstagram.com/mutiarails

Tugu Rimau yang terletak di ketinggian sekitar 1.820 meter di atas permukaan laut, adalah salah satu lokasi wisata yang ada di kawasan Gunung Dempo, Pagar Alam. Tugu ini dibangun dan diselesaikan oleh Pemerintah Kota Pagar Alam ketika Provinsi Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 16 pada tahun 2004.

Lokasi Tugu Rimau pada PON ke 16 di tahun 2004 digunakan untuk kompetisi sepeda gunung dan venue paralayang. Dan setiap hari libur, selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Ditambah papan nama bertuliskan PAGARALAM yang menyerupai tulisan mirip HOLLYWOOD di Amerika Serikat, menjadi lebih menarik dan indah ketika dikunjungi.

Bertandang ke sini, dijamin kamu akan menemui pesona tempat wisata ya ng masih asri. Makanya kalau ke sini, jangan dirusak dan dibuat kotor ya!

Baca Juga: 7 Makanan Unik Khas Sumatera Utara, Ada Spageti ala Batak Nih!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Read More Community IDN Times

Topic:

  • wisata sumatera
  • Sumatera Selatan
  • destinasi indonesia
  • Tania Stephanie Tania Stephanie Editor

Just For You

4 Destinasi Alam Wajib di New South Wales, Bikin Gak Mau Pulang! | Travel

4 Destinasi Alam Wajib di New South Wales, Bikin Gak Mau Pulang!

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanya | Travel

Pernah Dengar Kota Pagar Alam? Ini Rekomendasi Wisatanya

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan! 19 August 2018 | Travel

Liburan Naik Campervan, Ini 7 Poin Penting yang Harus Disiapkan!

7 Tipe Anak Dianggap Paling Menyebalkan di Pesawat, Bikin Be   te | Travel

7 Tipe Anak Dianggap Paling Menyebalkan di Pesawat, Bikin Bete

9 Potret Petualangan di Universal Studios Singapore, Seru Abis! | Travel

9 Potret Petualangan di Universal Studios Singapore, Seru Abis!

| Travel

10 Fakta Unik tentang Tari Ratoh Jaroe di Pembukaan Asian Games 2018

10 Spot Kece di Jepang Langganan Artis Indonesia, Ikutan Hits Deh! | Travel

10 Spot Kece di Jepang Langganan Artis Indonesia, Ikutan Hits Deh!

5 Alasan Kenapa Hong Kong Jadi Wisata yang Nyaman untuk Turis Muslim | Travel

5 Alasan Kenapa Hong Kong Jadi Wisata yang Nyaman untuk Turis Muslim

10 Potret Keseruan Menyelami Alam Bawah Laut di SEA Aquarium Singapura | Travel

10 Potret Keseruan Menyelami Alam Bawah Laut di SEA Aquarium Singapura

9 Tips supaya Liburan Tetap Nyaman Meski Sedang Datang Bulan | Travel

9 Tips supaya Liburan Tetap Nyaman Meski Sedang Datang Bulan

18 Potret Keunikan Southern Highlands, Surga Tersembunyi di Australia | Travel

18 Potret Keunikan Southern Highlands, Surga Tersembunyi di Australia

5 Bantal Leher Paling Nyaman untuk Traveling, Gak Bikin Salah Urat | Travel

5 Bantal Leher Paling Nyaman untuk Traveling, Gak Bikin Salah Urat

5 Tempat Rekomendasi Berburu Oleh-oleh di Jakarta, Lengkap Banget! | Travel

5 Tempat Rekomendasi Berburu Oleh-oleh di Jakarta, Lengkap Banget!

5 Tempat Wisata di Korea Utara yang Gak Kalah Seru, Berani Coba? | Travel

5 Tempat Wisata di Korea Utara yang Gak Kalah Seru, Berani Coba?

7 Tempat Wisata Cantik di Kobe yang Harus Kalian Datangi | Travel

7 Tempat Wisata Cantik di Kobe yang Harus Kalian Datangi

Menakjubkan, 15 Keindahan Foto dari Jendela Pesawat Ini Bikin Iri! | Travel

Menakjubkan, 15 Keindahan Foto dari Jendela Pesawat Ini Bikin Iri!

10 Destinasi Liburan Seru Bareng Ibu ala Syahnaz dan Mama Amy | Travel

10 Destinasi Liburan Seru Bareng Ibu ala Syahnaz dan Mama Amy

5 Potret The Great Blue Hole Belize, Gerbang Menuju Masa Lampau | Travel

5 Potret The Great Blue Hole Belize, Gerbang Menuju Masa Lampau

I Want More !

TRENDING

  • Ternyata Ini alasan Joni Memanjat Tiang Bendera
  • Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 di Jakarta
  • Ini Sosok Stuntman Jokowi di Video Asian Games yang Lagi Viral
  • Pawai 17-an: Siswi TK Pakai Cadar Hitam, Bawa Replika Senjata
  • Kocak, Dua Pasang Anak Ini Tiru Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandi
  • 10 Momen Kebahagiaan Kadek Devi dengan Anak Kembarnya, Sweet!
  • Jokowi Naik Moge ke Asian Games, Kaesang Beri Tanggapan Nyeleneh
  • Jadwal Lengkap Pertandingan Asian Games 2018 di Palembang
  • Buka Asian Games 2018, Presiden Jokowi Datang Naik Motor Besar!
  • Biar Harimu Cerah dan Bersemangat, Coba Dengerin 9 Lagu BTS Ini
  • ABOUT US
  • CAREER
  • PRIVACY & POLICY
  • PEDOMAN MEDIA SIBER
  • CONTACT US

Survey IDN Times Hai

Yuk, bantu kami untuk mengetahui pengalamanmu menggunakan portal web IDN Times.

Isi Survey, Yuk !Sumber: Berita Sumatera Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »