GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Berita Palembang: Rentan Terjadi Kecurangan, Ombudsman Buka ...

Berita Palembang: Rentan Terjadi Kecurangan, Ombudsman Buka ...

Berita Palembang Berita Palembang: Rentan Terjadi Kecurangan, Ombudsman Buka Posko Pengaduan Penerimaan CPNS Ombusdman Republik Indonesia (ORI) perwakil…

Berita Palembang: Rentan Terjadi Kecurangan, Ombudsman Buka ...

Berita Palembang

Berita Palembang: Rentan Terjadi Kecurangan, Ombudsman Buka Posko Pengaduan Penerimaan CPNS

Ombusdman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Sumatera Selatan bakal mengawal jalannya proses penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut

Berita Palembang:  Rentan Terjadi Kecurangan, Ombudsman Buka Posko Pengaduan Penerimaan CPNSIstimewaCPNS 2018

Berita Palembang: Rentan Terjadi Kecurangan, Ombudsman Buka Posko Pengaduan Penerimaan CPNS

Laporan wartawan Sripoku.com, Odi Aria Saputra

SRIPOKU.COM, PALEMBANG- Maraknya kecurangan dan penipuan yang terjadi dengan memanfaatkan momen penerimaan calon pegawai negeri sip il (CPNS) membuat Ombusdman Republik Indonesia (ORI) perwakilan Sumatera Selatan bakal mengawal jalannya proses penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut, Rabu (3/10/2018).

Bahkan lembaga pengawas ini juga bakal membuka posko pengaduan khusus mengawasi seleksi CPNS Tahun 2018 di Sumsel.

Baca: Berita Palembang: Udara Palembang Kabur, BMKG Sebut Jarak Pandang 800 M

Baca: Liem Swie King : Kalah dari Han Jian Menyebabkan Tim Indonesia Kehilangan Piala Thomas

Tujuannya agar penerimaan CPNS yang diselenggarakan bebas dari perilaku maladministrasi yang berujung pada perbuatan pidana dalam penerimaannya misalnya adanya tindakan diskriminatif oleh panitia, permintaan uang/imbalan dan lain sebagainya.

"Kami himbau kepada masyarakat untuk berani melaporkan dugaan kejanggalan, kecurangan, ataupun tindakan yang dapat merugikan masyarakat pada proses penerimaan CPNS," ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan, M Adrian Agustiansyah.

Pihaknya menilai perekrutan penerimaan ASN tahun ini perlu dikawal. Sebab, banyak oknum yang mengaku mampu memasukan dan memperlancar masuk menjadi pegawai ASN dengan syarat meminta sejumlah imbalan baik berupa uang maupun yang lainnya.

Baca: Dulu Disebut Abu Nawas dari Betawi, Jarang Muncul di TV, Begini Nasib Artis Cilik ini Sekarang

Baca: Duduk ‘Ngemper’ di Depan Umum, Tingkah Hilda Vitria Saat Benarkan Baju jadi Sorotan Warganet

"Kita tahu sendiri sering terjadi adanya indikasi sogokan setiap kali penerimaan CPNS. Maka itu Ombudsman siap mengawasi," ujarnya.

Ia menungkapkan, perlunya pengawasan dalam proses penerimaan ASN ini didasari atas pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun sudah ada perbaikan yang cukup baik tapi tidak menutup kemungkinan celah kecurangan akan terjadi.

"Penerimaan CPNS sangat kental dengan praktik kecurangan, kolusi dan ne potisme. Harus kita kawal ketat," tegasnya.

Koordinator Pengawasan CPNS Tahun 2018 Ombudsman Sumatera Selatan, Hendrico menambahkan sejauh ini sudah ada satu kementerian yang berkoordinasi dengan pihaknya untuk meminta bantuan petugas (ombudsman) yang akan ditempatkan di sepanjang penerimaan untuk mengawasi perekrutan CPNS nya, yakni Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Selatan.

Baca: Didenda Rp 100 Juta Saat Jamu Persija, PSIS Semarang Berniat Ajukan Banding

Baca: Niat Puasa Senin-Kamis, Manfaatnya Bagi Wanita dan Dibukakan Pintu Surga Ar Rayyan Baginya

Kemenkumham Sumsel berupaya transparan dan akuntabel dalam proses penerimaannya dengan secara resmi melibatkan Lembaga Negara Pengawas (ombudsman) dalam pengawasannya.

"Jika ada kejanggalan masyarakat boleh datang langsung ke Kantor Ombudsman RI Provinsi Sumatera Selatan, jika laporannya terpenuhi syarat baik secara formil maupun materil, pasti aka n kami tindaklanjuti,” jelas Hendrico.

Penulis: Odi Aria Saputra Editor: Sudarwan Sumber: Sriwijaya Post Ikuti kami di Fakta-fakta Video Mesum Mahasiswi UIN Bandung: Lokasi Perekaman hingga Pengakuan Pihak Kampus Sumber: Berita Sumatera Selatan

No comments