Muba bangun pabrik CPO berkapasitas 30 ton/jam | Liputan 24 Sumatera Selatan
Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Muba bangun pabrik CPO berkapasitas 30 ton/jam

Posted by On 3:56 PM

Muba bangun pabrik CPO berkapasitas 30 ton/jam

Sekayu, Musi Banyuasin (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menggandeng investor PT Global Wakaf Corporation dan PT Perkebunan Musi Banyuasin Lestari untuk mendirikan pabrik kelapa sawit mentah berkapasitas 30 ton/jam.
Komisaris PT Global Wakaf Corporation Imam Teguh Saptono di Sekayu, Rabu, mengatakan, pendirian pabrik minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) bekerja sama dengan investor ini menjadi kali pertama di Indonesia dilakukan oleh pemerintah kabupaten.
"Kerja sama ini menjadi model pertama di Indonesia yakni bagaimana wakaf bisa dikelola untuk membangun perusahaan," kata dia.
Imam menjelaskan wakaf merupakan energi penggerak peradaban yang menunjang aktivitas masyarakat yang berkelanjutan.
Harta benda yang diwakafkan ini menjadi wakaf yang bersifat tetap, sedangkan hasil dari pengelolaan wakaf diniatkan untuk memberikan manfaat d ari masa ke masa.
Program wakaf dari Global Wakaf ditujukan membantu masyarakat umum dalam pemenuhan kebutuhan dasar sekaligus memberdayakan dan meningkatkan produktivitas.
"Ini yang melatari kami setuju untuk bekerja sama dengan pemkab untuk membangun pabrik cpo," kata dia.
Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan realisasi kerja sama ini menunjukkan betapa kuatnya potensi dari lembaga waqaf di masa datang untuk pembangunan.
"Pola ini sudah diterapkan di Musi Banyuasin. MoU ini merupakan langkah awal, sementara peluang di sini masih banyak lagi. Kami menjanjikan bagi investor yang datang maka tidak perlu waktu lama untuk pengurusan administrasi dan perizinan," kata dia.
Menurutnya, negara ini harus diperkenalkan paradigma baru dalam membangun yakni dapat dilakukan secara bersama-sama berupa konsorsium. Dengan begitu, tidak perlu menunggu uang terkumpul terlebih dahulu untuk membangun infrastruktur di berbagai bidang.
Wujud nyatanya s eperti yang dilakukan Pemkab Muba yakni dalam membangun pabrik cpo ini menyediakan modal seperti lahan, SDM, pengurusan administrasi dan perizinan.
"Mari kita kombinasikan pembangunan di Muba dengan berbagai terobosan melibatkan investor," kata Dodi.Sumber: Berita Sumatera Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »